Sejarah Tragedi Karbala Pembantaian Cucu Nabi Saaw al-Husain as

Sejarah Tragedi Karbala Pembantaian Cucu Nabi Saaw al-Husain asPertengahan abad pertama Hijriah, yaitu masa pasca kekhalifahan Abu Bakar bin Abu Quhafah, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan, dan Imam Ali bin Thalib, Muawiyah yang tadinya menjabat gubernur Syam (Suriah) atas pilihan Utsman bin Affan mengangkat dirinya sebagai khalifah setelah berhasil menyingkirkan khalifah yang sah, Imam Hasan bin Ali yang menggantikan Imam Ali dan berbasis di Madinah.

Ketika Muawiah Bin Abi Sufyan menemui ajalnya, anaknya yang bernama Yazid menggantikan kedudukannya di atas singgasana khalifah yang saat itu sudah benar-benar menyerupai kerajaan tiran dan sarat ironi. Seperti ayahnya, karena naik tanpa restu umat dan syariat, Yazid mencari baiat dengan cara paksa dari umat. Di pihak lain, sebagai tokoh yang paling berpengaruh di tengah umat, putera Fatimah Azzahra dan cucu tercinta Rasul, Imam Husain bin Ali bin Abi Thalib yang tinggal di Madinah, diincar oleh Yazid. Beliau dikirimi surat dan pesan agar memilih satu diantara dua pilihan; baiat kepada Yazid atau mati.

Saat menolak pilihan pertama, baiat, Imam Husain tiba-tiba diserbu ribuan surat dari penduduk Kufah, Irak. Mereka menyatakan siap mengadakan perlawanan bersenjata atas Yazid bin Muawiyah dan membaiat Imam Husain sebagai khalifah dengan syarat beliau datang ke Kufah untuk mengoordinasi dan mengomandani pasukan perlawanan. Tadinya Imam keberatan memenuhi ajakan itu karena orang Kufah sudah lama beliau ketahui sulit dipegang janjinya.

Ingin membaca selengkapnya, silahkan download gratis bukunya: klik disini

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Analisis Sejarah, Resensi Buku, VideoSyiah.com :: 1000+ Video Syiah :: dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Sejarah Tragedi Karbala Pembantaian Cucu Nabi Saaw al-Husain as

  1. cinta islam berkata:

    masa ingin mengetahui sejarah harus di dawnload

  2. imam anwar berkata:

    saya sangat berharap bisa mengetahui sejarah sayidina hasan dan sayidina husein secara lengkap

  3. hariy berkata:

    Sejarah adalah milik penguasa. krn mereka yg mencetaknya ketika berkuasa. Sbg Muslim kita wajib untuk mencari sejarah yang benar. Ibarat buah tak akan jatuh jauh dr pohonnya. Kita bisa melihatnya dengan contoh nyata yg telah terjadi di dunia sekarang ini. Lihatlah Iran ,
    pemimpinnya adalah anak cucu Hussein telah melahirkan pemimpin pemberani melawan setan besar Amrik,Israel dan Inggris. Lihatlah Arab Saudi adalah anak cucu Abu Sufwan, Yahudi dan kabilah Arab Baddui apa yang terjadi ? berlindung di ketiak Setan Besar Amrik,Israel dan Inggris.

  4. Cinta Islam berkata:

    saya orang yang sangat tertarik mencari informasi sejarah tentang peristiwa di karbala karena saya sangat sedih dengan adanya permusuhan yang luar biasa besar diantara umat Islam. Sayang sekali saya mendapati cerita yang tidak tuntas dari buku ini. Sejarah yang ditulis di buku ini seperti terputus. Isi buku ini lebih banyak doktrin.

Tulis Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s