al-Marhum Gus Dur bicara mengenai Syiah

Gusdur berkata: NU itu Syiah Minus Imamah

gus_dur_bicara_syiah

Gus Dur bersama Habib Muh bin alwi & Habaib Ahlul Bait.

“Gus Dur selalu menganjurkan kebaikan kepada kelompok minoritas, termasuk kita yang berpegang pada madzhab Ahlul Bait, Syiah. Kita merasa dibela Gus Dur dari beberapa kelompok yang akan membubarkan Syiah. Gus Dur juga selalu mengatakan bahwa Syiah itu adalah NU plus imamah dan NU itu adalah Syiah minus imamah. Bahkan beliau orang yang pertama di Indonesia yang bukan Syiah yang menggelar peringatan Asyura di Ciganjur,” kata salah seorang ulama Syiah Indonesia, Hasan Dalil, kepada Rakyat Merdeka Online, beberapa saat lalu (Jumat,1/1).

Namun demikian, kata Hasan Dalil, ada beberapa sikap Gus Dur yang mesti dikritisir termasuk keterlibatan dalam yayasan milik Israel. Menurut Pembina Sekolah Tinggi Agama Islam Madinatul Ilmi ini, masalah Israel adalah masalah hitam putih yang bukan multitafsir.

“Sikap Gus Dur sering multitafsir. Tapi berkaitan dengan Israel harus hitam putih. Israel itu menginjak-injak hak asasi manusia dan menjajah. Tentu hal ini sangat bertentangan dengan konstitusi tertinggi negara kita, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 yang melarang segala bentuk penjajahan. Kita kritik itu,” kata Hasan Dalil.

Namun satu hal yang menarik dari Gus Dur, kata Hasan Dalil, tidak pernah marah dan tersinggung jika dikritik. Hasan Dalil pun punya kesan pribadi dengan Gus Dur.

“Kita ulama Syiah datang pada beliau. Saya sebutkan pada beliau di kalangan atas elit dan intelektual, sudah memahami madzhab Ahlul Bait dan menghormati Ayatullah Imam Khomaini. Namun dikalangan sebagian NU di bawah ada yang masih berlaku keras pada kelompok Syiah. Saya contohkan peristiwa di Bangil. Ternyata Gus Dur langsung menelpon ulama NU Bangil dan memerintahkan untuk menjaga kelompok syiah dan mencegah segala bentuk kekerasan. Ini luar biasa,” kata Hasan Dalil.

(Sumber tulisan: Dialog Sunni Syiah )

Pos ini dipublikasikan di Fatwa Persatuan Sunni Syiah, Syiah di indonesia dan tag , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke al-Marhum Gus Dur bicara mengenai Syiah

  1. Teno hikmatiar berkata:

    Gus Dur memang ahli hikmah. Cakupan berfikirnya menjulang kedepan sampai 10 atau 20 tahun kedepan sudah ada di benaknya. Orang awam sering tidak faham dgn ucapan Gus dur. Namun 10 tahun kemudian baru berkata “benar apa yg disampaikan Gus dur 10 th yg lalu”. Ini adalah gambaran cara berfikir Gus dur.

    Banyak org islam yg benci dgn pemikiran Gus dur, tapi tidak sedikit juga yg mencintai Gusdur. Yg benci dgn Gus dur rata-rata salah dalam memahami kalimat. Yg pro dgn Gusdur sebagian besar karena kecintaan kpd Gus dur dan juga karena merasa terbela dgn pemikiran gus dur.
    Seiring dgn berjalannya waktu yg dulu bencipun sekarang mencair dan membenarkan Gus dur.

    Gus dur dalam berbuat baik tdk disampaikan dgn lesan tapi langsung dengan tindakan. Ini yg tidak banyak diketahui org lain. Dan tipe gus dur ini berpotensi terjadi mis komunikasi dgn org awam karena belum mampu memahami tindakan Gus dur.

    Org awam ingin kalau Gus dur mau berbuat baik dalam program atau kebijakan harus dijelaskan terlebih dahulu alasannya secara detail, sedangkan Gus dur dalam berbuat baik tidak perlu sebuah penjelasan karena Tuhan Maha Tahu.

    Semoga engkau bahagia dgn rahmad Allah di alam sana Gus. Wallahu ‘alam bishowab

Tulis Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s